Skip to main content

Kumpulan Doa Setelah Akad Nikah Yang Wajib Diketahui

Doa usai akad nikah amatlah penting guna memohon keberkahan dari Allah SWT untuk pasangan yang baru saja menikah. Dengan berbekal doa ini, diharapkan pasangan suami istri bisa hidup dalam keadaan sakinah, mawadah, dan warahmah.

Menikah memang dianggap sebagai ibadah yang paling panjang di dalam Islam. Hal ini dikarenakan, ketika pasangan suami istri meninggal dunia, mereka akan berpisah dan merindukan satu sama lain. Oleh sebab itu, menikah dianggap sebagai ibadah yang sangat diutamakan dalam agama Islam, dan Rasulullah SAW pun mengatakan bahwa agama seseorang tidaklah sempurna hingga ia menikah.

Namun, menikah tidak hanya menjadi ibadah semata, tetapi juga menjadi jalan untuk meraih kebahagiaan. Pasangan suami istri akan saling berbagi sukacita dan kesedihan agar dapat saling mendukung dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan lika-liku.

Apabila terdapat konflik dalam rumah tangga, suami dan istri harus bersama-sama mencari solusi dan berkomunikasi dengan jujur dan terbuka. Hal ini sangat penting dalam membangun keutuhan rumah tangga yang bahagia dan langgeng.

Oleh sebab itu, momen pernikahan dianggap sebagai suatu saat yang sangat sakral. Disaksikan oleh keluarga dan sahabat, kedua mempelai saling mengucapkan janji suci di depan penghulu. Saat mengucapkan ijab kabul, momen ini terasa sangat menegangkan dan kadang membuat mempelai pria grogi hingga harus mengulang beberapa kali hingga lancar.

Setelah akad nikah selesai dilangsungkan, sangat disarankan untuk membaca doa guna memohon keberkahan dari Allah SWT bagi kedua mempelai. Doa ini dapat membantu pasangan suami istri agar hidup dalam keadaan sakinah, mawadah, dan warahmah. Dilansir dari web nicewedding.id, Berikut adalah bacaan doa setelah akad nikah yang perlu diketahui agar pernikahan dilimpahi keberkahan dari Allah SWT.

Doa Setelah Akad Nikah yang Singkat

Berikut ini ada doa setelah akad nikah yang singkat dan paling umum dibacakan ketika mengucapkan doa kepada kedua mempelai setelah selesai akad nikah.

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Bârakallâhu laka wa bâraka ‘alaika wa jama‘a bainakumâ fî khairin

Artinya:

Semoga Allah memberkahimu dalam suka dan duka dan semoga Allah mengumpulkan kalian berdua di dalam kebaikan.

Doa Setelah Akad Nikah yang Panjang

Setelah proses akad nikah selesai, umumnya ada tokoh agama atau pihak dari KUA membacakan doa setelah akad nikah panjang. Dan yang menghadiri proses akad nikah bisa membaca Amin bersama-sama ketika doa setelah akad nikah yang panjang ini dibacakan. Berikut ini adalah doa setelah akad nikah panjang yang dibacakan untuk mendoakan kedua mempelai yang sudah sah menikah :

اَللّٰهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ اٰدَمَ وَحَوَّاءَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَسَارَةَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ سَيِّدَنَا يُوْسُفَ وَزُلَيْخَاءَ وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَسَيِّدَتِنَا خَدِيْجَةَ الْكُبْرَى وَأَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا عَلِيِّ وَسَيِّدَتِنَا فَاطِمَةَ الزَّهْرَاءَ

Allâhumma allif bainahumâ kamâ allafta baina Adam wa Hawwa, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ Ibrâhîm wa Sârah, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ Yûsuf wa Zulaikha, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ Muhammadin shallallâhu ‘alaihi wa sallama wa sayyidatinâ Khadîjatal kubrâ, wa allif bainahumâ kamâ allafta baina sayyidinâ ‘Aly wa sayyidatinâ Fâthimah az-Zahrâ

Artinya:

Ya Allah, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Nabi Adama dan Hawa, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Nabi Ibrahim dan Sarah, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Nabi Yusuf dan Zulaikha, rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Baginda Nabi Muhammad shallallâhu ‘alaihi wa sallama dan Khadijah Al-Kubra, dan rukunkan keduanya sebagaimana Engkau rukunkan Ali dan Fathimah Az-Zahra.”

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ هٰذَا الْعَقْدَ عَقْدًا مُبَارَكًا مَعْصُوْمًا وَأَلْقِ بَيْنَهُمَا أُلْفَةً وَقَرَارًا دَائِمًا وَلَا تَجْعَلْ بَيْنَهُمَا فِرْقَةً وَفِرَارًا وَخِصَامًا وَاكْفِهِمَا مُؤْنَةَ الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ

Allâhummaj’al hâdzal ‘aqda ‘aqdan mubârakan ma’shûman wa alqi bainahumâ ulfatan wa qarâran dâiman wa lâ taj’al bainahumâ firqatan wa firâran wa khishâman wakfihimâ mu’natad dunyâ wal âkhirah

Artinya:

Ya Allah, jadikanlah akad ini sebagai ikatan yang diberkahi dan dilindungi, tanamkan di antara keduanya kerukunan dan ketetapan yang langgeng, jangan Engkau jadikan di antara keduanya perpecahan, perpisahan dan permusuhan, dan cukupi keduanya bekal hidup di dunia dan akhirat.

Itulah tadi beberapa doa setelah akad nikah yang umumnya diberikan tamu undangan atau keluarga yang menyaksikan proses akad nikah kedua mempelai. Dengan membacakan doa setelah akad nikah tersebut, berharap agar keluarga baru tersebut bisa mendapatkan rahmat dan berkah dari Allah SWT.

Doa Setelah Akad Nikah Yang Dibacakan Kedua Mempelai

Dalam ajaran Islam, doa dianggap penting untuk menyelipkan keberlangsungan hidup umat manusia. Setiap detik kehidupan harus diisi dengan doa, baik itu berupa harapan keselamatan, keberkahan, maupun perlindungan. Karena doa merupakan hal yang sederhana namun sangat penting, maka dalam agama Islam diajarkan untuk selalu berdoa kepada Allah.

Namun, bagaimana dengan pernikahan yang sejatinya merupakan ibadah sakral dalam agama Islam? Setelah dua insan disatukan melalui akad pernikahan, terdapat banyak doa yang bisa dipanjatkan agar pernikahan tersebut diberkahi oleh Allah SWT. Berikut ini merupakan kumpulan doa setelah akad nikah yang lengkap, disertai dengan tulisan Latin dan artinya.

1. Doa Setelah Akad Nikah Untuk Berlindung dari keburukan

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ ، وَأَعُوْذَ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Allaahumma innii asaluka min khairihaa wa khairi maa jabaltahaa ‘alaihi, wa a’uudzubika min syarri haa wa syarri maa ja’altahaa ‘alaihi.

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.

2. Doa Setelah Akad Nikah Agar Diberikan Keberkahan

اًللَّهُمَّ بِأَمَانَتِكَ أَخَذْتُهَا وَبِكَلِمَاتِكَ اِسْتَحْلَلْتُ فَرْجَهَا، فَإِنْ قَضَيْتَ لِي مِنْهَا وَلَدًا فَاجْعَلْهُ مُبَارَكًا سَوِيًّا وَلاَتَجْعَلْ لِلشَّيْطَانِ فِيْهِ شَرِيْكًا وَلاَنَصِيْبًا

Allaahumma biamaanatika akhattuhaa, wa bikalimaaatika istahlaltu farjahaa, fain qadhayta lii minhaa waladan faj’alhu mubaarakan syawiyyaa, walaa taj’al lissyaithaani fiihi syariikan walaa nashibaa.

Artinya:

Ya Allah, dengan amanat-Mu kujadikan ia istriku dan dengan kalimat-kalimat-Mu dihalalkan bagiku kehormatannya. Jika Kau tetapkan bagiku memiliki keturunan darinya, jadikan keturunanku keberkahan dan kemuliaan, dan jangan jadikan setan ikut serta dan mengambil bagian di dalamnya.

3. Doa Setelah Akad Nikah Agar Diberikan Keridaan

اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِي اَلْفَهَا وَوُدَّهَا وَرِضَاهَا بِي، وَاَرْضِنِي بِهَا، وَاجْمَعْ بَيْنَنَا بِأَحْسَنِ اِجْتِمَاعٍ وَاَيْسَرِ ائْتِلاَفٍ فَإِنَّكَ تُحِبُّ الْحَلاَلَ وَتُكْرِهُ الْحَرَامَ

Allaahummarzuqnii alfahaa wa wuddahaa wa ridhaahaa bii, wa ardhinii bihâa, wajma’ baynanaa biahsanijtimaa’in wa aysari’ tilaafin, fainnaka tuhibbul halaala wa tukrihul haraam.

Artinya:

Ya Allah, karuniakan padaku kelembutan istriku, kasih sayang, dan ketulusannya, ridai aku bersamanya. Himpunkan kami dalam rumah tangga yang paling baik, penuh kasih sayang, dan kebahagiaan, sesungguhnya Engkau mencintai yang halal dan membenci yang haram.

4. Doa Setelah Akad Nikah Untuk Diberikan Keturunan Yang Baik

اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِي وَلَدًا وَاجْعَلْهُ تَقِيًّا ذَكِيًّا لَيْسَ فِي خَلْقِهِ زِيَادَةٌ وَلاَنُقْصَانُ وَاجْعَلْ عَاقِبَتَهُ اِلَى خَيْر

Allaahummarzuqnii waladan, waj’alhu taqiyyan dzakiyyan laysa fîi khalqihii ziyaadatun walaa nuqshan, waj’al ‘aaqiibatahuu ilaa khairin.

Artinya:

Ya Allah, karuniakan padaku keturunan, dan jadikan ia anak yang bertakwa dan cerdas, tidak ada kelebihan dan kekurangan dalam fisiknya, dan jadikan kesudahannya pada kebaikan.

5. Doa Setelah Akad Nikah Agar Dijadikan Keluarga Sakinah

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Rabbana hablana min azwaajina wa dzurriyyatina qurrata a’yuniw waj’alna lil muttaqiina imaamaa.

Artinya:

Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

Sekian itulah tadi informasi yang bisa kami sampaikan tentang kumpulan doa setalah akad nikah, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian dan Peran Diplomasi Luar Negeri dalam Hubungan Internasional

 Dalam hubungan internasional, Diplomasi Luar Negeri memainkan peran utama yang tak terbantahkan. Instrumen-instrumen diplomasi menjadi kunci keberhasilan. Di Indonesia, Diplomasi Luar Negeri menghadapi tantangan yang kompleks. Namun, keberhasilan dan kendala diplomasi tidak dapat dipisahkan dari peran masyarakat dalam menjalankannya. So, mari kita bersama-sama jelajahi lebih lanjut artikel ini. Pengertian Diplomasi Luar Negeri Diplomasi Luar Negeri adalah suatu usaha yang dilakukan oleh suatu negara untuk memperoleh dukungan dan kerjasama dari negara lain melalui komunikasi, negosiasi, dan diplomasi untuk mencapai tujuan dan kepentingan nasional. Ini melibatkan penggunaan instrumen diplomatik, seperti pertemuan diplomatik, perundingan, dan perjanjian internasional. Diplomasi Luar Negeri memiliki peran penting dalam hubungan internasional, menjembatani perbedaan dan konflik, mempromosikan perdamaian, mengembangkan kerjasama ekonomi dan politik, dan mewakili negara di tingkat internasio

Panduan Cara Kerja CVT

 Dalam ranah teknologi, pemahaman mendalam tentang cara kerja CVT adalah kunci utama kesuksesan dalam menerapkan sistem manajemen armada. CVT, atau Continuously Variable Transmission, menawarkan pendekatan inovatif dalam mengoptimalkan kinerja kendaraan melalui perubahan transmisi yang lancar dan tanpa hentinya. Makna sejati dari keunggulan CVT terletak pada efisiensi yang diperolehnya dalam operasional armada Fleet Management System, menghadirkan solusi terkini untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja kendaraan secara menyeluruh. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi inti dari cara kerja CVT dan penerapannya yang brilian dalam dunia Fleet Management System. Segera detilkan informasi yang dapat mengubah cara Anda memandang sistem transmisi ini. Cara Kerja CVT CVT, atau {transmisi variabel kontinu}, bekerja dengan prinsip menggunakan sabuk baja atau rantai yang menghubungkan dua pulley berbentuk cembung. Pulley pertama terhubung dengan mesin, sedangkan pulley kedua terhubung deng